Manfaat Dibalik Uniknya Sayur Bayam Merah

sayur bayam merah
Sayur bayam merah kaya manfaat
Bayam merupakan salah satu sayur yang sebenarnya sudah dikenal masyarakat, namun kali ini adalah bayam merah. Sayur yang cukup unik dan jarang sekali dikonsumsi oleh masyarakat. Namun dibalik warna merah tersebut, bayam ini ternyata memiliki kandungan yang sangat luar biasa. Mungkin sering kita mendengar bahwa orang makan sayur itu bisa jadi kuat, hal ini memang demikian.

Didalam sayur bayam merah, kandungan zat besinya cukup tinggi dibandingkan dengan bayam yang berwarna hijau. Seperti kita ketahui bahwa zat besi (Fe) sangat dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin darah yang berperan penting untuk membentuk komponen darah yang berfungsi mengikat oksigen dan mengangkut zat makanan.

Bagi anda yang menderita penyakit anemia itu bisa disebabkan karena Hb yang rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya zat besi didalam tubuh. Terutama pada anak-anak dan wanita yang kebutuhan Fe-nya tinggi tetapi konsumsi zat besinya sangat sedikit, apalagi manfaat sayur bayam merah.

Sayur bayam merah yang notabene memiliki manfaat yang luar biasa, karena dapat menambah jumlah Hb dan mencegah anemia, seperti kita ketahui bahwa anemia akan menyebabkan 3 L, yaitu lemah, letih dan lesu. Kalau dalam proses pembuatannya, tidak terlalu bermasalah jika dimasak terlalu lama, karena zat besi tidak dipengaruhi oleh pemanasan, zat besi tidak dirusak oleh pemanasan.

Namun sebaiknya kalau mengkonsumsi bayam merah cukup di jadikan lalapan saja dibandingkan direbus atau dijadikan sayur. Selain kaya akan zat besi, sayur bayam merah ternyata juga memiliki serat yang sangat bagus untuk membantu proses pencernaan, membersihkan darah nifas setelah bersalin, mengobati luka akibat gigitan serangga, mengatasi rambut rontok, serta menghindari resiko gagal ginjal.

Ketahui juga 5 manfaat buah naga bagi kesehatan janin ibu hamil

Menurut penelitian, tak hanyak daun bayamnya saja yang mengandung banyak vitamin, namun ternyata akar bayam merah pun dapat diguakan untuk mengobati diare.

Bagi anda atau anak anda yang tidak suka dengan bayam, kita harus lebih berkreasi untuk mengkonsumsi bayam merah, bisa dalam bentuk lalapan, sayur, atau dipadukan dengan komponen lainnya. Anda juga dapat mencampurnya dengan sayuran lain seperti kentang dan wortel, membuat suatu aneka makanan yang menarik juga dianjurkan agar anak anda jadi suka mengkonsumsi bayam.

0 Response to " Manfaat Dibalik Uniknya Sayur Bayam Merah "