6 Cara Mengatasi Nafsu Makan Berlebih

nafsu makan berlebih
tips mengatasi nafsu makan banyak
Nafsu makan yang berlebih bisa jadi hal yang tidak baik untuk bentuk tubuh anda. Selain menambah berat badan, nafsu makan juga dapat merusak metabolisme tubuh dan mendatangkan penyakit. Berikut ini adalah solusi untuk mengatasi nafsu makan yang tinggi.

1. Minum air sebelum makan

Berdasarkan penelitian yang ada, mengonsumsi air paling tidak satu sampai dua gelas sebelum makan dapat membuat perut anda menjadi kenyang dan menu makan seseorang. Selain itu minum air dapat meredam rasa lapar dan mengurangi asupan kalori.

2. Makan teratur dan tepat waktu

Ketika merasa sangat lapar seseorang cenderung akan menyantap makanan dalam jumlah besar. Dan akibatnya membuat nafsu makan jadi tak teratur. Mulailah atur waktu makan anda demi memperbaiki metabolisme juga mengontrol berat badan.

3. Fokus makan

Janganlah makan sambil mengerjakan aktifitas lain yang dapat mengganggu fokus anda. Seperti menonton tv, bermain game dan lain sebagainya. Karena hal itu dapat mempengaruhi porsi makan anda karena tidak bisa berkonsentrasi penuh. Akhirnya cenderung menambah porsi makan.

4. Makan perlahan

Bagi anda yang suka buru-buru mengunyah makanan sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini, makan cepat bisa membuat anda tak sadar akan banyaknya makanan yang anda habiskan. Makanlah bertahap dengan mengunyah makanan sampai halus sehingga makanan dapat dicerna dengan baik.

5. Lilin beraroma

Ketika nafsu makan anda sedang tinggi, cobalah nyalakan lilin beraroma apel, papermint, dan pisang. Ketiga aroma ini dapat menahan dan bisa juga menjadi terapi.

6. Makanan berlemak baik

Lemak yang baik bisa anda temukan di beberapa makanan seperti alpukat, kacang-kacangan dan minyak zaitun murni. Lemak baik dapat memicu usus halus memproduksi zat yang dapat mengirimkan pesan ke otak bahwa perut sudah kenyang.

0 Response to " 6 Cara Mengatasi Nafsu Makan Berlebih "