7 Cara Mencegah Resiko Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

7 Cara Mencegah Resiko Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat - Kehidupan kita dipenuhi dengan angka dan nomor. Nomor KTP, nomor pin, tanggal lahir, tanggal tutup, waktu, nomor telepon (nasib baiklah ada smartphone untuk membantu mengingatnya!). Begitu juga dari segi kesehatan dan tubuh kita, angka-angka seperti berat badan, tinggi, tekanan darah, ukuran pinggang - berperan sebagai indikator tentang kondisi kesehatan dan kebugaran seseorang.
Berikut adalah info angka bagi setiapa yang memiliki tekanan darah tinggi, yang harus diketahui oleh semua orang.

Tekanan Darah atau Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini dikenal dengan istilah silent killer atau membunuh secara perlahan karena tidak memberikan tanda-tanda spesifik atau peringatan seperti sakit gigi atau sakit punggung. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan risiko serangan jantung, stroke, penyakit ginjal dan demensia.
Faktor-faktor yang mempengaruhinya termasuk faktor seperti sejarah keluarga, usia, etnis dan gaya hidup seseorang tersebut.
Tekanan darah yang sehat adalah pada tingkat 120/80 mm Hg atau lebih rendah.
140/90 mm Hg digunakan sebagai penunjuk untuk tekanan darah tinggi, tidak menghitung usia seseorang. Angka pertama adalah tekanan sistolik yaitu tekanan saat jantung mengalirkan darah ke seluruh tubuh anda.Angka kedua adalah tekanan diastolik yaitu tekanan ketika dalam keadaan istirahat.
7 Langkah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Masalah tekanan darah tinggi? Sebagai langkah awal untuk menangani kemungkinan Anda memiliki tekanan darah tinggi, iktuilah tips berikut:


  1. Menurunkan berat badan. Ambil inisiatif untuk mengurangi atau mengontrol berat badan. Menurunkan berat 5kg pun sudah memberikan dampak yang signifikan dan mudahkan lagi efek obat pemberian dokter.
  2. Bersenamlah dengan sering. Cobalah untuk senam dalam 30-45 menit pada hari libur. Setidaknya 3-4x seminggu. Pada saat yang sama ini juga dapat membantu mengurangi berat badan.
  3. Kurangi asupan garam kurang dari 2.3g sehari. Garam seperti pasir yang dapat menyerap air, dan juga meningkatkan tekanan darah. Kurangi kecap, telur / ikan asin dan jangan menambahkan garam pada makanan yang sudah disajikan. Ingat: 1 teaspoon sudah mengandung 2.3g!
  4. Jangan merokok: Efek nikotin rokok dapat tingkatan tekanan darah sampai 10 mmHg sampai sejam. Jadi jika Anda merokok sepanjang hari, tekanan Anda menjadi lebih tinggi dalam waktu lama.
  5. Kurangi Stres. Stres kerja, duit, kemacetan jalan dan macam-macam lagi tingkatkan tekanan darah sementara. Kalau Anda memiliki kronis stres, tentu saja membahayakan kesehatan Anda dan dapat akibat serangan jantung, stroke dan macam-macam lagi. Seimbangkan kehidupan Anda dan mencoba elak dari stres yang berkepanjangan.
  6. Coba diet yang lebih baik. Tentu saja diet seharian amatlah penting untuk mengontrol dan kurangi tekanan darah. Berikut adalah beberapa tips yang Anda dapat coba:


  • Ketahuilah kebutuhan kalori sehari-hari Anda. Ini dapat mengontrol jumlah makanan dan waktu yang dapat membantu Anda mencegah atau kurangi berat badan.
  • Makan 5-7 porsi sehari tapi dalam dosis yang kecil.
  • Konsumsi serat (fiber) seperi nasi putih, nasi merah, buah-buahan dan sayuran segar.
  • Kendalikan kolesterol. Biasanya masalah tekanan darah tinggi, berat badan disertai dengan masalah kolesterol tinggi. Pastikan Anda mengontrol tingkat kolesterol Anda dan sebaiknya hindari makanan berkolesterol tinggi seperti ikan laut, organ-organ seperti jeroan, kurangi lemak-lemak hewan dan tingkatkan asupan serat.
  • Pastikan ada sumber potassium dalam diet Anda. Ini dapatkan kurangi dampak garam pada tekanan darah. Pisang adalah buah dengan potassium yang baik dan mudah ditemukan.
  • Kurangi konsumsi alkohol dan kafein.

Jangan cukup hanya sampai disini, Pastikan Anda rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah untuk memantau kondisi kesehatan Anda. Meskipun Anda tidak memiliki masalah hipertensi, pastikan Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah setiap 12 bulan sekali.

0 Response to " 7 Cara Mencegah Resiko Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat "