Ketahui Faktor Penyebab Gangguan Susah Tidur

penyebab gangguan tidur
gangguan susah tidur
Pola hidup sehat sudah anda jalani akan tetapi masih susah tidur?
Ini berarti pola hidup sehat yang anda jalani selama ini salah. Jika anda suka beraktifitas berlebih atau olah raga dimalam hari, hal tersebut bisa jadi sumber masalah tidak nyenyak tidur.
Fakta mengatakan bahwa, berolahraga berat di waktu malam, seperti halnya pergi ke tempat gym, bisa membuat anda terjaga sepanjang malam. Jumlah adrenalin akan meningkat saat olahraga larut malam serta rasa kantuk akan hilang karena cortisol berlebih. 

National Sleep Foundation (NSF) membuktikan kebenaran tentang hal ini, bahwa 80 persen orang yang berolahraga di waktu malam, akan tetap terjaga sepanjang malam Sedangkan bagi mereka yang berolahraga di malam hari dengan waktu berlebihan, bukan tidur nyenyak yang didapatkan, malahan menjadi insomnia. Jangan berolahraga lebih dari jam 9 malam.
Times of India menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan di tahun 2013 lalu menjelaskan, saat seseorang berolahraga secara berlebihan, akan menyebabkan peradangan pada lapisan otot, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memulihkan kondisi ini. 

Hal ini akan meningkatkan kadar adrenalin tubuh dikarenakan tekanan darah yang meningkat. Hal itu dapat membuat rasa kantuk hilang setelah berolahraga. Disamping itu, olahraga di waktu malam juga dapat meningkatkan tingkat cidera otot.
Dikarenakan saat seseorang berolahraga, aliran darah ke otot akan semakin tinggi. Salah satu peneliti mengatakan bahwa, resiko cidera otot akan semakin tinggi jika orang tersebut tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga berat. 

Menanggapi hal tersebut, segeralah ubah kebiasaan berolahraga berat disaat malam hari, jika anda menginginkan hidup sehat yang ada dambakan. Bisa dilakukan dengan cara, jangan memilih olahraga yang berat dan lakukanlah dengan waktu secukupnya atau jangan berlebihan. 

Olahraga santai dapat menenagkan pikiran ada dan membuat tidur semakin nyenyak, contohnya jalan, renang maupun yoga. Apabila memiliki gangguan kesehatan seperti stress, alangkah baiknya melakukan hal yang menenangkan, seperti contohnya mandi dengan air hangat atau membaca buku, serta mendengarkan musik sebelum tidur juga dapat membuat fikiran anda kembali fresh saat bangun tidur.

0 Response to " Ketahui Faktor Penyebab Gangguan Susah Tidur "