Ketahui 5 Macam Kanker Yang Sering Menyerang Pria

kanker yang sering menyerang kaum pria
kanker yang sering menyerang kaum pria
Walaupun sepertinya anda terlihat sehat-sehat saja, namun anda tidak pernah tahu ancaman penyakit apa yang akan anda alami kelak. Contohnya kanker, hingga saat ini kanker adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh seluruh orang di dunia.

Disamping mengubah gaya hidup yang lebih baik, seperti rajin berolah raga dan tidak merokok, salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mensiasati sekaligus mendeteksi lebih dini akan adanya kanker adalah dengan selalu peka terhadap sinyal-sinyal di tubuh, dan apabila didak segera ditangani bisa berpotensi memicu terjadinya kanker.

Jika anda merasakan suatu kelainan pada tubuh, seperti rasa sakit akibat benjolan tak wajar, serta batuk dan nyeri di dada yang tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan kondisi anda ke dokter dan lakukan medical check-up. Dikhawatirkan ini bisa jadi merupakan tanda-tanda munculnya kanker.

Berikut 5 jenis kanker yang sering menyerang khususnya kaum pira.

1. Kanker paru-paru

Pria identik dengan rokok, ini merupakan kebiasaan buruk yang sulit hilang dari kehidupan kaum pria. Sebanyak 80 persen kasus kanker paru-paru diseluruh dunia disebabkan oleh rokok. Jaringan sel dalam paru-paru bisa rusak dan hancur akibat terkena bahan kimia berbahanya yang terkandung di dalam rokok.

Apabila dibiarkan berlarut-larut, sel kanker akan tumbuh dan berkembang di dinding alveolar yang terdapat berada di dalam paru-paru. Gejala-gejala umum yang mudah di prediksi adalah sering batuk kering terus menerus, rasa nyeri di dada, serta kehilangan berat badan tanpa asalan yang jelas.

Baca juga Bahaya merokok yang ditakutkan ahli kesehatan di Inggris

2. Kanker prostat

Biasanya, kanker prostat muncul tanpa gejala khusus, namun biasanya penyakit ini akan menyebabkan pembesaran pada prostat dan menimbulkan rasa sakit. Mendekteksi dini adalah cara paling penting untuk menghindarinya, terlebih lagi pada pria berusia 50 tahunan, sangat rawan terkena kanker jenis ini.

Penyakit prostat sendiri merupakan kelenjar sebesar biji kenari yang tumbuh di bawah kandung kemih atau didepan rektum (anus) pria. Ini berfungsi untuk menghasilkan air mani dan sperma.

3. Kanker Rektum dan Kolon

Sesuai namanya, jenis kanker ini menyerang di area kolon atau usus besar. Kanker Rektum dan Kolon mulanya adalah tumor yang berkembang di bagian dalam dinding usus besar.

Indikasi umum pada jenis kanker ini adalah keluhan saat buang air besar, seperti sembelit atau diare dalam jangka waktu yang panjang. Gejala lain yang layak kita waspadai adalah sakit perut tiba-tiba, dan kadang juga terdapat darah pada tinja, serta berat badan yang turun secara tak terduga.

4. Kanker kulit

Saat berada di luar ruangan, pria biasanya tidak menghiraukan tentang kulit mereka yang terkena paparan sinar ultraviolet. Hal ini ternyata bisa berpotensi menimbulkan ancaman kanker, yakni kanker kulit. Sebagian penyebab kanker kulit adalah radiasi sinar ultraviolet matahari yang menyengat kulit.

Waspadai ketika kulit anda tiba-tiba muncul bintik-bintik besar dan berpigmen gelap atau mulai berdarah, baik itu di telinga, bibir, wajah, leher, dada, punggung, tangan, serta kaki. Karena gejala-gejala tersebut menunjukan bahwa kemungkinan anda terkena kanker kulit, segera konsultasikan ke dokter tentang kondisi yang anda derita.

Baca juga ketagihan onani berbahaya bagi kesehatan Mr. P ?

5. Kanker kandung kemih

Sesuai namanya, kanker jenis ini menyerang di bagian kandung kemih. Akibanya seseorang akan kesulitan untuk kencing dan nyeri saat buang air kecil. Beberapa ciri lainnya ialah keluarnya gumpalan darah pada urin serta perubahan warna urin menjadi coklat gelap.
Menurut penelitian kanker ini 3 kali lebih banyak menyerang kaum pria dari pada wanita.

Kanker memang penyakit yang sangat berbahaya, maka dari itu, tidak ada salahnya kita mencoba menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang agar kondisi tubuh kita selalu fit.

0 Response to " Ketahui 5 Macam Kanker Yang Sering Menyerang Pria "