4 Cara Manjur Mengatasi Sakit Punggung

cara mengatasi sakit punggung
cara mengatasi sakit punggung
Anda sering mengeluh sakit di bagian punggung? Hal ini pasti akan membuat anda tidak nyaman dalam beraktifitas. dan juga, apakah anda pernah mendengar kalau terlalu banyak duduk dapat meningkatkan resiko kematian? hal ini memang benar karena terlalu banyak duduk dan kurang bergerak dapat meyebabkan sakit punggung tetapi tidak sampai mati.

Akibat dari timbilnya sakit punggung memang cukup menakutkan. Maka dari itu Anda juga harus waspada dan tahu tentang bagaimana cara mengatasi atau meringankan gejala sakit punggung, yang dilansir oleh Reader’s Digest. Simak 4 tips meringankan gejala nyeri punggung berikut ini :

1. Pemijatan

Lakukan gerakan pijat ringan pada bagian punggung yang sakit. Sebaiknya pemijatan dilakukan dengan pelan dan lembut, gunakan salep atau minyak gosok lebih baik. Pijat selama 10 menit sudah cukup, lakukan selama 3 kali sehari.

2. Kompres dengan es

Dinginnya es akan bekerja cepat untuk meredakan sakit punggung. Kompreslah punggung dengan menggunakan es batu yang dibungkus kain tebal, lakukan beberapa kali dalam sehari. Kompres bagian punggung yang sakit selama 20 menit. Setelah 48 jam atau 2 hari, sebaiknya gunakan balsem atau minyak yang memiliki efek panas untuk melancarkan aliran darah sehingga dapat mengurangi rasa sakit di punggung.

3. Kurangi beban berat

Apabila anda sering berjalan dengan membawa dompet yang disematkan di saku pinggul atau mungkin terbiasa membawa tas ransel deangan beban berlebih, cobalah kurangi kebiasaan ini. Hal ini juga dapat mengganggu keseimbangan bagian tubuh anda terutama di punggung, serta memicu timbulnya sakit punggung.

4. Perbaiki posisi tubuh

Cobalah cari posisi tubuh yang setidaknya dapat mengurangi rasa sakit pada punggung anda. Gerakan pinggul kedepan,kebelakang, kesamping kiri dan kanan, ulangi gerakan ini secara rutin beberapa kali sehari. Berdiri tegak dan carilah posisi yang nyaman, serta konsentrasikan pada bagian leher, bahu, dada, dan juga punggang.

0 Response to " 4 Cara Manjur Mengatasi Sakit Punggung "