7 Tips Jitu Atasi Kulit Wajah Berminyak

7 tips menyembuhkan kulit wajah berminyak
Memiliki masalah wajah berminyak memang cukup mengganggu penampilan. Terlebih pada pekerja karier yang dituntut untuk selalu tampil menarik saat bertemu dengan klien. Tak hanya wanita, kaum pria pun pasti pernah mengalaminya. Masalah wajah berminyak harus segera diatasi agar penampilan anda tidak terganggu olehnya.

Saat kulit wajah berminyak, dapat disebabkan karena terlalu aktifnya kelenjar sebaceous. Keadaan ini akan membuat kulit anda mengeluarkan minyak sehingga pori-pori pun ikut tersumbat. Apabila pori-pori kulit wajah ikut tersumbat akan mengakibatkan tumbuhnya komedo serta bintik bintik di wajah. Jika anda sedang mengalami hal ini sebaiknya lakukan 7 tips mengatasi kulit berminyak dibawah ini.

Jangan digosok

Menggosok wajah yang berminyak malah akan membuat kulit anda mengelupas, merusak kulit. Bukan menghilangkan minyak pada wajah namun justru bisa menyebabkan iritasi kulit. Disamping itu, hal ini juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Selalu menjaga kebersihan wajah

Jagalah selalu wajah anda ari kotoran dan debu yang menempe, ini juga penting utuk mengatasi kulit berminyak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pembersihan pori-pori dari kotoran. Gunakanlah cream atau pembersih wajah yang mengandung Salicylic Acid apabila anda ingin menggunakan pembersih wajah.

Asam salisilat bisa mengelupas folikel dan kelenjar produksi minyak sehingga dapat mengurangi jumlah produksi minyak berlebih yang dihasilkan kulit.

Pakai pemembab

Tahukan anda, pelembab juga dibutuhkan untuk kulit berminyak karena kulit dapat mengering. Walaupun terbilang cukup aneh, fakta membuktikan bahwa kulit berminyak dapat menjadi kering disebabkan oleh produksi minyak berlebih sehingga kulit kekurangan nutrisi dan kering. Pakailah pelembab yang bebas minyak dan tidak menimbulkan iritasi.

Jangan mencuci wajah terlalu sering

Sering mencuci wajah tidak efektif untuk membersihkan wajah anda dari minyak. Cukup mencuci wajah 2 kali sehari saja guna membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang melekat. Terlalu sering mencuci wajah dapat mengakibatkan produksi minyak berlebih. Jangan menggunakan air dingin, tapi Gunakanlah air hangat untuk mencuci wajah.

Konsumsi makanan bernutrisi

Pilihlah makanan yang cocok untuk kulit wajah berminyak seperti makanan kaya vitamin B5 dan B2, kaya protein, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Kurangi asupan makanan seperti gula, garam, lemak tak sehat, dan junk food. Dan juga perbanyak minum air putih untuk mengeluarkan racun dalam tubuh sedikitnya 8 gelas sehari.

Hindari penggunaan foundation

Sebaiknya hindari pemakaian foundation, lebih baik gunakanlah make up minimalis yang tidak terlalu tebal. Pemakaian make up terlalu tebal mengakibatkan pori-pori akan tersumbat sehingga menjadikan kulit wajah anda sensitive terhadap jerawat.

Pakailah tabir surya

Melindungi kulit berminyak dari sinar ultraviolet berbahaya juga dapat membantu mencegah timbulnya kulit berminyak. Pilih tabir surya denga SPF 30 atau lebih untuk kulit berminyak anda. Serta pastikan tabir surya yang anda pakai tidak mengandung pelembab.

0 Response to " 7 Tips Jitu Atasi Kulit Wajah Berminyak "