Anda Susah Tidur? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

penyebab susah tidur
Cara mengatasi gangguan susah tidur
Apabila anda susah tidur, jangan memaksakan diri untuk tidur. sebaiknya lakukan hal yang dapat merelaksasi pikiran dan tubuh anda agar tetap nyaman.

Apakah anda sering memasang alarm saat menjelang tidur? Atau mungkin menghitung domba melompat seperti dalam film apabila susah tidur? Ternyata ada beberapa hal yang seharusnya tidak anda lakukan saat menjelang tidur, berikut hal-hal yang tak boleh dilakukan saat akan tidur.

1. Matikan Gadget

Jangan menyalakan gadget saat akan tidur, entah itu mengecek email, browsing internet, atau update media sosial. Tahukah anda kalau kegiatan ini justru malah akan membuat anda susah tidur. Bahkan saat anda sudah tidur sekalipun, menyalakan gadget ketika hendak tidur akan membuat mata dan pikiran anda tetap terjaga.

2. Jangan pasang alarm

Sebenarnya memasang alarm supaya bisa bangun pagi ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Tahukah anda, dengan memasang alarm sebelum tidur malah akan membuat pikiran kita menjadi tidak nyaman karena terfokus pada tidur tetapi berfokus pada “kapan saya "bangun kembali.” Itulah mengapa anda akan lebih sulit tertidur apabila memasang alarm sebelum tidur dibandingkan dengan melakukan hal sebaliknya. Jika memang terpaksa memasang alarm, sebaiknya dilakukan pada waktu jauh sebelum akan memulai tidur.

3. Jangan bayangkan domba melompat

Jika anda pernah mendengar cara ini manjur, mungkin anda salah persepsi, mungkin iya untuk sebagian orang cara ini cukup ampuh mengatasi susah tidur. Namun sebaiknya jangan lakukan hal seperti ini. Membayangkan domba melompat diatas kepala malah justru membuat anda susah tidur karena otak akan selalu aktif berpikir.

4. Jangan paksakan diri untuk tidur

Apakah anda pernah merasa susah tidur walaupun sudah lama memejamkan mata, mematikan lampu kamar, dan mencuci bersih wajah? Jika demikian, jangan mencoba memaksakan diri untuk tidur karena semakin dipaksakan maka tubuh akan secara sitematis menolak untuk tidur. Untuk mengatasi hal ini, yang perlu anda lakukan cukup sederhana cobalah melakukan aktivitas seperti menonton tv, dan mendengarkan relaksasi musik yang dapat membuat anda mengantuk.

5. Jangan minum obat tidur

Obat tidur memang akan membuat anda tertidur lelap, namun dibalik obat itu terkandung zat berbahaya bagi tubuh, Dapat mengakibatkan ketergantungan obat, dan jika terlalu sering dikonsumsi dapat menyebabkan resiko kanker otak. Hindarilah penggunaan obat tidur bila anda tidak ada tidur. Masih banyak cara yang lebih sehat ketimbang menggunakan bahan kimia.

0 Response to " Anda Susah Tidur? Jangan Lakukan 5 Hal Ini "